Proses Produksi Kerajinan Bahan Lunak Alam dari Adonan Tepung

Kerajinan dari Adonan Tepung (Flour Clay)

Cara Membuat Clay dari Tepung Terigu

Hal paling penting dalam membuat clay ini adalah bagaimana clay yang kamu buat menjadi kalis. Begitu juga kalau mau membuat clay dari bahan tepung terigu ini. Takarannya harus pas supaya adonannya menjadi kalis dan bisa mudah dibentuk. Cara membuat clay tepung terigu ini juga paling mudah karena bahan digunakan juga tidak terlalu banyak.
Bahan:
  • 80gr Tepung Terigu
  • 80gr Tepung Tapioka / Tepung Kanji
  • 80gr Tepung Beras
  • 200gr Lem Putih / Lem Kayu
Langkah-langkah Membuat Clay Tepung Terigu:
  1. Campurkan tepung dengan lem putih, lalu uleni hingga tercampur rata.
  2. Setelah terbentuk adonan, bagi beberapa bagian.
  3. Warnai setiap bagian dengan warna berbeda dengan cara memasukkan tusuk gigi ke dalam cat poster lalu oleskan pada adonan.
  4. Pulung-pulung adonan hingga cat tercampur rata.
  5. Setelah diwarnai, adonan clay siap digunakan.

Syarat-syarat Perancangan Benda Kerajinan


1. Kegunaan (Utility) Benda kerajinan harus mengutamakan praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Contoh: mangkuk untuk wadah sayur.
2. Kenyamanan (Nyaman) Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya. Contoh: cangkir didesain ada pegangannya.
3. Keluwesan (Fleksibilitas) Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya. Contoh: sepatu sesuai dengan anatomi dan ukuran kaki.
4. Keamanan (Keamanan) Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya. Contoh: piring dari serat kelapa harus mempertimbangkan komposisi zat pelapis / pewarna yang dipakai tidak berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan.
5. Keindahan (Aestetik) Benda yang indah memiliki daya tarik lebih dari benda yang biasa-biasa saja. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, diuatkan bentuk, hiasan atau ornamen, dan bahan bakunya.


Penulis : blackcity ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Proses Produksi Kerajinan Bahan Lunak Alam dari Adonan Tepung ini dipublish oleh blackcity pada hari Sunday, January 6, 2019. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Proses Produksi Kerajinan Bahan Lunak Alam dari Adonan Tepung
 

0 comments:

Post a Comment