Pengertian dan Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras

Bahan Limbah merupakan bahan yang sangat potensial untuk dijadikan bahan pembuatan kerajinan. Limbah keras adalah limbah yang bewujud keras, padat, tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah.

Limbah keras juga terbagi menjadi dua, yaitu limbah keras organik dan anorganik. Limbah keras organik adalah limbah yang berasala dari alam bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk teruarai dalam tanah. Limbah keras anorganik adalah limbah jenis limbah yang berwujud keras, padat, sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk. Contoh limbah keras organik : plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan baja.
Proses kreatif akan ditemukan saat seseorang telah memperoleh daya serap, imajinasi melalui pengetahuan terhadap materi bahan, alat dan proses yang akan ditekuninya. Pengetahuan bahan limbah keras, penggunaan alat dan kemampuan keteknikan dalam bertukang akan melahirkansebuah proses kreatif itu sendiri. Jadi, kreativitas harus diupayakan tercipta dengan banyak langkah. Setelah kreativitas muncul maka akan melahirkan produk.
Prinsip-prinsip ini dikenal dengan nama 3R, yaitu:1.    Mengurangi (Reduce) Meminimalisir barang atau material yang kita pergunakan. Semakin banyak kita menggunakan material, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
2. Menggunakan kembali (Reuse) Pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang sekali pakai, lalu buang.
3.   Mendaur ulang (Recycle) Barang-barang yang sudah tidak berguna didaur ulang lagi. Tidak semua barang bisa didaur ulang, tetapi saat ini sudah banyak industri kecil dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain contohnya kerajinan.
Upaya melaksanakan mendaur ulang limbah (Recycle) menjadi karya kerajinan tangan, berarti sudah dapat mengatasi masalah lingkungan yang mengganggu kehidupan. Selain itu dapat pula dimanfaatkan sebagai wadah penyaluran hobi keterampilan, kreatifitas, dan menumbuhkan jiwa wirausaha.(http://syafeiski.blogspot.com/2018/01/prinsip-kerajinan-bahan-limbah-keras.html)

Image result for skema proses perancangan kerajinan





Penulis : blackcity ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian dan Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras ini dipublish oleh blackcity pada hari Wednesday, March 20, 2019. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengertian dan Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras
 

0 comments:

Post a Comment