RINGKASAN PENGERTIAN KELISTRIKAN

Pengertian

Listrik merupakan teknologi mutakhir yang ditemukan manusia. Listrik menjangkau semua lapisan masyarakat, baik kota, maupun desa. Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jebnis muatan listrik, yaitu muatan listrik negatif dan positif. Secara alami muatan positif selalu mengalir dari titik berpotensi tinggi ke rendah. 
Aliran ini disebut sebagai arah arus listrik konvesional. Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang melibatkan aliran elektron. Dua benda yang memiliki muatan berbeda akan saling tarik-menarik tetapi elektron pada masing-masing benda tetap dalam keadaan diam. Jika diantara kedua benda tersebut dihubungkan oleh sebuah kawat konduktor maka elektron-elektron yang diam pada kedua benda tersebut akan mengalir melalui kawat tersebut.


 Elektron akan mengalir dari benda yang bermuatan negatif ke benda bermuatan positif. Aliran elektron ini disebut sebagai arus listrik.Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan, meskipun demikian energi listrik merupakan energi sekunder karena sering kali merupakan hasil ubahan (konversi) dari bentuk energi yang lain seperti energi air terjun, energi angin, energi matahari, energi panas bumi, energi nuklir dan energi batubara yang merupakan energi primer. (https://diditmtop.wordpress.com/2011/05/10/prinsip-kelistrikan/)

Image result for gambar aliran listrik

Penulis : blackcity ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel RINGKASAN PENGERTIAN KELISTRIKAN ini dipublish oleh blackcity pada hari Wednesday, July 17, 2019. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan RINGKASAN PENGERTIAN KELISTRIKAN
 

0 comments:

Post a Comment